Nama Komponen Penting Pada Laptop Dan Fungsinya

Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, bergantung kepada ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri.

Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai. Laptop terkadang disebut juga dengan komputer notebook atau notebook saja.

Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya.

Mungkin masih banyak diantara kita yang tidak tahu nama bagian-bagian laptop, tapi ada juga yang tahu nama tapi tidak tahu bentuknya, maka dari itu saya akan berbagai isi atau bagian dari laptop yang biasa kita gunakan beserta gambarnya.

Berikut ini isi atau bagian dalam dari laptop beserta fungsinya:

LCD
Fungsi utamanya adalah sebagai penampil hasil proses data atau program yang sedang dijalankan. Dengan menggunakan indera mata secara langsung, kita bisa memonitor apa yang sedang kita lakukan.
Nama Bagian Pada Laptop Dan Kerjanya

Motherboard
Mempunyai istilah keren mainboard atau ada juga yang menamakan mobo yang berfungsi untuk meletakkan peripheral utama seperti processor, chipset,  sound card, VGA card, prt-port untuk eksternal tambahan.
Nama Bagian Pada Laptop Dan Kerjanya

Processor
Merupakan pusat pengolah data pada laptop. Semua kegiatan akan diproses oleh perangkat ini. Spesifikasinya sangat menentukan cepat tidaknya data diproses. Mqkin besar speknya makin cepat pula data terproses.
Nama Bagian Pada Laptop Dan Kerjanya

RAM
RAM adalah memori utama yang berfungsi untuk menyimpan sementara program atau data yang sedang berjalan. Kapasitas dari perangkat ini juga sangat mempengaruhi kecepatan akses data. Makin besar nilainya semakin baik.
Nama Bagian Pada Laptop Dan Kerjanya

Hardrive
Istilah lainnya adalah hardisk berguna untuk menyimpan data atau program hasil proses untuk disimpan secara permanen, sehingga bisa digunakan lagi diwatu lain. Ditempat ini juga sistem operasi misalnya windows alau linuk disimpan, sehingga peranannya sangat penting.
Nama Bagian Pada Laptop Dan Kerjanya

DVD player
Adalah peripheral yang diletakkan pada slot motherboard yang berfungsi untuk membaca sebuah file ISO yang tersimpan dalam sebuah kepingan disk.
Nama Bagian Pada Laptop Dan Kerjanya

Wireless card
Fungsinya sebagai penangkap sinyal tanpa menggunakan kabel. Misalnya untuk koneksi ke internet.

Nama Bagian Pada Laptop Dan Kerjanya

Dengan adanya postingan Nama Bagian Pada Laptop Dan Kerjanya ini semoga juragan semua tidak salah dalam menamakan nama pada bagian laptop juragan, bukan hanya tukang service aja yang tahu, harusnya kita jga harus tahu. sekarang sudah tahun 2014 sudah saatnya kita kenal yang isi atau bagian dalam laptop.

Semoga bermanfaat untuk mendapatkan update tips dan trik terbaru juragan bisa like funpage facebook blog tips dan trik.
Nama Komponen Penting Pada Laptop Dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin