Tips Trik Cara Mudah Aktifkan Wifi Laptop atau Komputer Pada Windows XP dan 7

Blog tips dan trik kali ini akan berbagi tips trik dan cara mengaktifkan wifi pada notebook atau laptop dan komputer juragan semua yang laptopnya tidak bisa membaca jaringan wifi di sekitar, Komputer pada saat ini telah mengalami kemajuan yang pesat jika dibandingkan dengan komputer pada saat saat belum sepopuler seperti sekarang ini.

Apalagi jika kita berbicara tentang akses komputer saat ini yang bisa terhubung dengan dunia luar kapanpun melalui internet, komputer kita saat ini tidak hanya memiliki port untuk sambungan akses menggunakan kabel untuk terhubung dengan internet, namun juga telah memiliki sebuah adapter untuk mendukung juragan terkoneksikan ke internet tanpa harus menggunakan kabel yang tentunya akan memakan tempat dan memiliki panjang yang terbatas.

Namun hal ini berbeda jika kita memanfaatkan WiFi, atau dengan cara mengaktifkan WiFi pada komputer, kita tidak hanya dapat menghemat kabel, namun juga dapat terkoneksikan dengan internet dimanapun kita mau, dalam artian tidak terbatas hanya dengan panjangnya kabel untuk tersambung ke internet.

Tips Trik Cara Mudah Aktifkan Wifi Laptop atau Komputer Pada Windows XP dan 7

Meskipun pada komputer saat ini telah tersedia akses internet yang mendukung jaringan nirkabel, namun tak sedikit masalah yang menimpa pada salah satu fitur penting ini. terkadang para pengguna tidak dapat menangkap sinyal WiFi pada komputernya, dan setelah dilakukan pengecekan ternyata pengaturan akan jaringan nirkabel pada komputer juragan telah dalam posisi nonaktif.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, di antaranya adalah akibat adanya gangguan terhadap software ataupun tidak sengajanya juragan matikan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Blog Tips dan Trik dalam artikel kali ini akan mengulas bagaimana cara mengaktifkan WiFi yang tiba-tiba menjadi nonaktif. Berikut langkah-langkah sederhana yang harus juragan lakukan untuk mengaktifkan WiFi pada perangkat komputer.

  1. Untuk Windows XP juragan hanya perlu klik kanan pada My Computer dan klikProperties. Sedangakan untuk Windows 7, juragan klik kanan pada Computer, dan pilih Properties.
  2. Untuk Windows XP, klik pada tab Hardware pada System Properties. Dan untuk Windows 7, juragan akan melihat jendela Device Manager.
  3. Untuk Windows XP, klik tombol Device Manager. Pada jendela Device Manager yang juragan temui, nantinya juragan akan melihat barisan menu yang berisi macam-macam pengaturan. Dan klik pada menu Network adapters yang tepat berada pada bawah menu pengaturan untuk Mouse. Ketika mengklik menu Network adapters, juragan akan menemukan driver dari network adapter yang juragan gunakan dan juragan akan menemukan tjuragan silang merah pada adapater tersebut yang menjuragankan bahwa adapter juragan dalam posisi nonaktif, maka untuk mengaktifkannya juragan hanya tinggal klik kanan pada adapter juragan, lalu klik Enable.
  4. Setelah adapter dalam posisi Enable, maka juragan sudah bisa menggunakan komputer untuk menerima sinyal nirkabel dan berselancar di dunia maya.

Setelah juragan mengetahui bagaimana cara mengaktifkan WiFi pada komputer juragan yang tiba-tiba nonaktif, maka juragan juga perlu mengetahui bagaimana cara melakukan update pada driver adapter juragan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke dalam menu Device Manager dengan cara yang sama seperti pada cara yang di atas.
  • Klik menu Network adapters.
  • Klik kanan pada adapter network juragan.
  • Lalu pilih Update.
  • Tunggu beberapa saat hingga adapter juragan benar benar telah ter-update.

Jika dalam kasus lain kedua cara di atas masih tidak bisa mengaktifkan adapter network, maka juragan harus uninstall drive adapator dan memasang adaptor juragan kembali. Hal ini bisa dimungkinkan karena adapator nirkabel juragan sedikit mengalami kerusakan. Untuk melakukannya, juragan bisa mengikuti langkah-langkah sederhananya di bawah ini:

  • Masuk ke dalam menu Device Manager dengan cara yang sama seperti pada cara yang di atas atau cara sebelumnya.
  • Klik menu Network adapters untuk menemukan adapter juragan.
  • Setelah menemukan adapater juragan, langkah selanjutnya adalah klik kanan pada adapter network.
  • Pilih menu uninstall yang tepat berada di bawah menu disabled.

Setelah melakukan uninstall driver adaptor, juragan direkomendasikan untuk mengunduh software driver terbaru dari situs web produsen adaptor lalu menginstalnya.

Semoga bermanfaat untuk mendapatkan update tips dan trik terbaru juragan bisa like funpage facebook blog tips dan trik.
Tips Trik Cara Mudah Aktifkan Wifi Laptop atau Komputer Pada Windows XP dan 7 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin