Tips Trik Cara Mudah Melakukan Disk Defragmenter

Sebelum kita membaca lebih jauh kita harus tahu fungsi dari Disk Defragmenter itu sendiri, adapun Fungsi atau kegunaan dari disk defragmenter adalah untuk menata kembali file  yang tersimpan di dalam hardisk. File bisa berupa program yang pernah terinstal ataupun di uninstall, sedangkan data bisa berupa hasil jejak copy atau pernah di delete.

Semua itu akan meninggalkan jejak yang lama kelamaan bisa menurunkan performa sistem operasi windows. Maka dari itulah diperlukan aplikasi untuk menata kembali, mengingat windows tidak bisa melakukannya secara otomatis.

Setelah kita tahu fungsi dari Disk Defragmenter atau kegunaannya, sekarang kita lanjut ke cara melakukan Disk Defragmenternya,

Tips Trik Cara Mudah Melakukan Disk Defragmenter yang di bahas kali ini hanya untuk Windows XP dan 7, untuk yang lain kurang tahu.

Tips Trik Cara Mudah Melakukan Disk Defragmenter

Dan berikut ini cara melakukan disk defragmenter untuk win xp dan 7.

windows XP
  1. Pilih menu program – accessories – system tools – lau pilih disk depragmenter.
  2. Tentukan pilihan pada partisi hardisk yang akan dilakukan defrag, sebagai contoh drive C. Karena secara umum sistem operasi diinstal pada drive ini. Pilih tombol Analize untuk mengecek data yang belum terdefrag, setelah itu klik tombol defrag.
  3. Lama poses defragmenter tergantung dari banyaknya data yang akan ditata kembali. Sekitar 20 menit sampai 1 jam. Ini bukan patokan pasti sih. Pokoknya ditunggu aja sampai selesai.
  4. Perhatikan jika muncul warna merah seperti gambar. Proses ini bertujan untuk menghilangkan warna tersebut. Sekali lagi anda harus menunggu prosesnya sampai selesai ( bisa sambil ngopi Gan).
  5. Keterangan warna : merah = file belum tersusun, biru = merupakan file yang tersimpan, putih = adalah ruang kosong pada hardisk.

 windows 7
  1. Click menu start – all program – accessories – system tools- kemudian disk defragmenter.
  2. Hasilnya akan muncul semua partisi hardisk tidak terkecuali file yang di hidden.
  3. Pilih tombol analize disk untuk mengetahui partisi yang perlu didefrag atau tidak.
  4. Pilih defrag pada disk yang memang memerlukan penatan ulang.
  5. Pada windows 7 ada sedikit perbedaan cara melakukan disk defrakmenter dibandingkan dengan windows XP. Yaitu kita bisa melakukan dfrag terhadap partisi hardisk lebih dari 1 secara bersamaan. Misalnya D dan E kita lakukan bareng-bareng. Sedangkan untuk windows XP harus dilakukan satu persatu.
Dan setelah melakukan Disk Defragmenter silahkan restart terlebih dahulu pc atau laptop juragan, sebelum memulai melakukan aktifitas di pc atau laptop.
 
Semoga bermanfaat untuk mendapatkan update tips dan trik terbaru juragan bisa like funpage facebook blog tips dan trik.
Tips Trik Cara Mudah Melakukan Disk Defragmenter Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin