Tips Trik Cara Mudah untuk Memperkuat Sinyal Wi-Fi

Blog tips dan trik kali ini akan berbagi tips trik cara mudah untuk juragan pengguna wifi yang sering mengalami gangguan sinyal, mungkin tips dan trik cara ini bisa amembantu juragan semua,  Sinyal Wi-Fi di rumah juragan mungkin memiliki sedikit masalah. juragan masuk ke kamar dan ternyata sinyalnya tidak sampai, berada di teras rumah sinyal mulai menurun. Masalah ini tentu cukup menyebalkan. Mungkin kecepatan internet Wi-Fi juragan naik secara dramatis kalau di dekatkan dengan routers, tetapi ketika bergerak menjauhinya langsung turun drastis.

Kalau ini seperti ini, Wi-Fi sama saja tidak berguna karena seharusnya Wi-Fi tidak merepotkan juragan, jangkauannya harusnya tetap stabil walau tidak terlalu dekat dengan routers. Bagaimana cara memperkuat sinyal Wi-Fi tersebut? ada beberapa cara yang mungkin bisa membantu juragan mengatasinya.

Tips Trik Cara Mudah untuk Memperkuat Sinyal Wi-Fi


GANTI CHANNEL


Cara memperkuat sinyal Wi-Fi yang pertama yaitu dengan cara mengganti channel Wi-Fi juragan. Wi-Fi mirip dengan TV, memiliki channel-channel tertentu. Biasanya Wi-Fi masuk ke channels tertentu secara default dan channel yang paling banyak digunakan akan berdampak pada kinerja router juragan.

Software gratis yang bisa digunakan untuk ini adalah insider. Cara memperkuat sinyal Wi-Fi dengan software tersebut, lihat berapa router yang menggunakan salah satu channel, bila terlalu banyak (merah) silahkan pindah ke channel lainnya.


UPDATE FIRMWARE
Meng-update firmware adalah salah satu cara memperkuat sinyal Wi-Fi yang paling sering dilupakan pengguna routers, padahal ini salah satu cara memperkuat sinyal Wi-Fi yang mujarab. Memang beberapa router memberi tahu bila sudah tersedia update firmware, tetapi fitur tersebut belum ada di kebanyakan router tua. Periksalah update-an firmware router juragan, biasanya di antarmuka router atau terkadang juragan harus mengunjungi website resmi router juragan.


UPDATE FIRMWARE ADAPTOR

Ini juga sering menjadi kendala cara memperkuat sinyal Wi-Fi. Ternyata masalahnya buka di router juragan tetapi penerima sinyalnya (PC atau Laptop). Walau router sudah berada di kondisi maksimal tetapi bila penerimanya bermasalah, ini bisa jadi kendala mendapat sinyal Wi-Fi yang kuat. Laptop kebanyakan memiliki adaptor Wi-Fi on-board. Masuklah ke Network Setting untuk menemukan nama adaptor laptop juragan dan carilah di situs produsen adaptor tersebut.


GANTI POSISI ROUTER
Posisi router menentukan seberapa luas jangkauan sinyalnya karena itu usahakanlah meletakkannya di tengah-tengah rumah juragan di tempat terbuka. Cara memperkuat sinyal Wi-Fi yang satu ini cukup ampuh, apalagi juragan tahu seberapa jauh sebenarnya jangkauan sinyal Wi-Fi juragan. Usahakan tidak tertutupi dinding atau barang-barang lainnya apalagi barang elektronika agar tidak mengganggu sinyalnya.


DD-WRT

Ini merupakan software yang berguna untuk cara memperkuat sinyal Wi-Fi dan juga kinerja router juragan. Software open-source ini memang berguna, tetapi memiliki beberapa risiko. Pertama, software ini tidak berjalan di semua router, kedua dia akan menghilangkan garansi router juragan dan sekali juragan memasang software ini maka kemungkinan juragan tidak bisa lagi menjalankan troubleshooting router juragan. Jadi perhatikanlah baik-baik, software ini bukan untuk router di kantor dan yang masih memiliki garansi, pastikan juragan tahu sedikit mengenai pengaturan router. Untuk lebih pastinya, kunjungi website resminya http://www.dd-wrt.com/site/index.


BUAT REPEATER
juragan bisa membuat hampir semua router menjadi Access Point dan ini cara memperkuat sinyal Wi-Fi yang sudah pasti berdampak besar. Untuk melakukannya juragan perlu menghubungkan keduanya dengan kabel LAN. Bila router pertama IP-nya 192.168.2.1 dan netmask 255.255.255.0, juragan bisa membuat IP router kedua 192.168.2.2 dan netmask yang sama. Ini penting untuk menetapkan SSID yang sama dan juga demi keamanan router.

Router baru membuat proses ini menjadi lebih mudah. Jika memiliki router yang berumur kurang dari satu tahun kemungkinan memiliki fitur access point atau repeater. Konfigurasinya lebih sederhana atau bahkan juragan hanya butuh mengklik saja

 
Semoga bermanfaat untuk mendapatkan update tips dan trik terbaru juragan bisa like funpage facebook blog tips dan trik.
Tips Trik Cara Mudah untuk Memperkuat Sinyal Wi-Fi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jun