Bahaya Menggunakan Wi-Fi Gratis dan Cara Menghindarinya

Blog tips dan trik kali ini akan berbagi bahaya penggunaan wifi gratis untuk juragan semua yang suka wifi gratis, dan cara menghindarinya. sebelumnya blog tips dan trik juga sudah posting cara memperkuat sinyal wifi. Sesuatu yang gratis memang mengasyikkan, tetapi apakah zaman sekarang ada yang benar-benar gratis?
Mungkin memang ada Wi-Fi gratis yang tersebar di kota-kota besar, di warung kopi, mall, atau tempat publik lainnya. Namun yakinkah juragan itu benar-benar gratis? Kalau pun benar, Wi-Fi gratis ini memiliki beberapa risiko dan mungkin juragan tidak menyadarinya.

Risiko yang mungkin harus kita terima di Wi-Fi gratis adalah keamanan. Wi-Fi gratis merupakan jaringan yang kebanyakan tidak terlindungi.

Bahaya Menggunakan Wi-Fi Gratis dan Cara Menghindarinya 

Semua orang bisa masuk ke jaringan tersebut dan kita tidak tahu orang yang masuk kedalam jaringan tersebut ada yang bermaksud jahat. Hacker yang belum profesional bisa memotong aliran data bila jaringan tersebut belum dienkripsi. Data-data juragan bisa jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab. Berikut beberapa risiko Wi-Fi gratis dan cara menghindarinya.


JARINGAN YANG TIDAK TERENKRIPSI

WiFi menggunakan gelombang radio yang langsung. Mereka menyiarkan, berarti seperti yang dikatakan di atas WiFi gratis bisa dinikmati siapa pun yang berada di jangkauannya. Orang-orang penikmat WiFi gratis tersebut bisa melihat segala sesuatu yang juragan lakukan online jika mereka memiliki software yang tepat.

Tanpa perlindungan inilah yang bisa dilihat orang lain

  1.     Setiap website yang juragan kunjungi
  2.     Setiap teks yang juragan kirim
  3.     informasi log in

Di rumah, itu semua bisa juragan atasi dengan membuat perlindungan berupa password Wi-Fi rumah juragan. Ini mencegah orang lain masuk ke jaringan Wi-Fi juragan, bahkan untuk Wi-Fi modern pengamanannya lebih canggih lagi. Berbeda dengan Wi-Fi gratis, Wi-Fi gratis biasanya tidak terlindungi.

Apakah ini berarti kita tidak usah menggunakan Wi-Fi gratis? Tidak juga. Perlindungan pertama juragan adalah SSL (Secure Sockets Layers), sebuah perlindungan stjuraganr enkripsi dari server ke pengguna. juragan bisa melihat penjelasannya di sini [LINK].

Situs-situs yang menggunakan SSL cukup banyak seperti Google, Facebook dan sebagian besar bank dan website pemerintah. Jadi lalu lintas data ketika juragan mengakses situs yang menggunakan SSL akan lebih aman.

Bahaya Menggunakan Wi-Fi Gratis dan Cara Menghindarinya


Banyak website yang tidak menggunakan SSL untuk keamanan situsnya, namun juragan bisa memasang plug-in seperti HTTPS Everywhere (masih beta) untuk melindungi data juragan. Walau begitu, HTTPS pun ternyata memiliki celah baru-baru ini teknologi ini dibobol oleh Heartbleed

Salah satu jalan yang terbaik saat ini adalah menggunakan VPN (Virtual Private Network). Layanan ini menjadi rute lalulintas internet komputer juragan dengan server lain dan biasanya VPN selalu mengenkripsi lalu lintas internet kliennya.


ORANG LAIN YANG MENGGUNAKAN WI-FI GRATIS TERINFEKSI

Kita tidak bisa memastikan semua komputer atau perangkat yang terhubung ke Wi-Fi gratis benar-benar aman. Mungkin komputer mereka tanpa anti virus atau perlindungan atau masih menggunakan Windows XP SP1 yang tak pernah di upgrade. Itu sebabnya juragan perlu memilih jaringan publik saat mulai terhubung ke jaringan Wi-Fi gratis atau aktifkan firewall agar lalulintas data antara komputer terbatasi. Untuk lebih meyakinkan, kembali lagi VPN berperan besar demi keamanan.


WI-FI GRATIS MUNGKIN SEBUAH JEBAKAN

Membuat Wi-Fi gratis tidak sulit, hanya menggunakan Laptop juragan sudah bisa membuat Hotspot di mana-mana. Karena itu hati-hatilah ketika mendapat Wi-Fi gratis, bila tidak dikenal lebih baik tidak usah terhubung dengan jaringan tersebut, apalagi Wi-Fi gratis tanpa Password. Bisanya scammers melakukannya untuk mencuri data pribadi juragan.

Aksi phising ini sulit untuk di tanggulangi bila juragan sudah terjebak. Salah satu pengamannya adalah anti spy ware dan tentu VPN. Atau juragan juga bisa menggunakan software seperti Wi-Fi Protector .


Semoga bermanfaat untuk mendapatkan update tips dan trik terbaru juragan bisa like funpage facebook blog tips dan trik.
Bahaya Menggunakan Wi-Fi Gratis dan Cara Menghindarinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jun