Tips Trik Cara Mudah Optimalkan RAM Xiaomi Redmi 1S

Blog tips dan trik kali ini akan berbagi tips trik dan cara mengoptimalkan penggunaan RAM pada Xiaomi Redmi 1S juragan semua, sebelum saya lanjutkan ada baiknya liat postingan Bahaya Menggunakan Wi-Fi Gratis dan Cara Menghindarinya, ok langsung aja.

Xiaomi Redmi 1S adalah smartphone yang fenomenal. Betapa tidak, ketika penjualan dilakukan oleh salah satu toko online ternama, banyak yang berbondong-bondong mengantre untuk mendapatkan perangkat ini. Tak ayal, hal ini membuat smartphone dengan nama lain Hongmi 1s ini menjadi bahan perbincangan banyak orang. Apalagi spesifikasi yang dihadirkan oleh smartphone ini cukup gahar dengan banderol harga yang tidak mahal.


Namun, kali ini yang akan dibahas bukanlah fenomena tentang smartphone yang identik dengan warna merah ini. Kali ini yang dibahas adalah masalah RAM. Meskipun hadir dengan spesifikasi cukup tinggi performa mumpuni, beberapa pengguna merasa smartphone ini kurang optimal dari segi RAM. Karena itu, fokus pembahasan kali ini adalah cara mengoptimalkan smartphone Redmi 1S. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.

Tips Trik Cara Mudah Optimalkan RAM Xiaomi Redmi 1S


1.    UPDATE ROOTING

Untuk mengoptimalkan performa RAM Xiaomi Redmi 1s, hal pertama yang perlu dilakukan adalah Update rooting. Sama seperti rooting pada umumnya, rooitng pada Xiaomi Redmi 1s juga memiliki resiko. Karena itu, sebelum lebih jauh, sebaiknya pikir dengan baik terlebih dahulu. Setelah yakin akan Update Rooting, maka berikut langkah yang perlu dilakukan.


=> Download file zip RootNative Redmi 1S dan simpan file tersebut di memori internal (jangan simpan di folder) dengan nama (update.zip). Cara download bisa langsung lewat smartphone Redmi 1s atau via komputer dan memindahkannya via kabel data. Untuk link RootNative Redmi 1S sendiri, bisa diunduh di tautan berikut ini. [LINK ROOTNATIVE]

=> Setelah itu masuk ke Setting, kemudian About Phone, dan tekanlah Android version sebanyak lima kali. Langkah ini dilakukan untuk masuk ke Developer Mode. Setela itu lakukan restart (reboot) Xiaomi Redmi 1S.

=> Saat masuk mode Mi-Recovery, pilihlah bahasa Ingris (English) untuk kemudahan navigasi.

=> Setelah itu, barulah pilih menu “Install update.zip” dan lakukan reboot lagi.

=> Perlu diingat, agar aplikasi yang berjalan dengan cara root bisa digunakan, maka aktifkan "Root permission" yang pengaturannya bisa diakses di bagian Security, kemudian pilih Permission.

=> Proses Update Rooting pun selesai

  
2.   INSTAL APLIKASI PENDUKUNG

Setelah melakukan Root, selanjutnya adalah mengisntal aplikasi-aplikasi pendukung untuk mengoptimalkan RAM. Aplikasi-aplikasi tersebut adalah BusyBox, MinFreeManager, init.d toggler, dan RootManager. Untuk link download aplikasi dan file tersebut, bisa dilihat di link berikut ini.

BusyBox : [LINK DOWNLOAD]

init.d toggler : [LINK DOWNLOAD]

MinFreeManager : [LINK DOWNLOAD]

RootManager : [LINK DOWNLOAD]



3.   PROSES PENGOPTIMALAN

Setelah kedua proses tersebut selesai dilakukan, maka selanjutnya adalah proses pemasangan aplikasi pendukung agar RAM Xiaomi Redmi 1s berjalan optimal.
  • Langkah pertama dalah dengan menginstal BusyBox.
  • Selanjutnya jalankan aplikasi init.d toggler dengan cara enable option
  • Jalankan MinFreeManager. Setelah itu, pilihlah menu Xiaomi Redmi 1S, setelah itu pilih Preset, kemudian pilih Mild, dan pilihlah Apply.
  • Setelah itu, masuklah ke bagian direktori /system/etc/init.qcom.post_boot.sh. Cara masuknya gunakan aplikasi RootManager. Setelah masuk ke direktori tersebut, tambahkan pada bagian paling bawah kode berikut ini: /system/xbin/busybox run-parts /system/etc/init.


Setelah menyelesaikan langkah-langkah tersebut, maka dijamin Xiaomi Redmi 1s akan memiliki kualitas RAM yang optimal. Hanya saja perlu diingat, langkah tersebut sebenarnya kurang baik. Pasalnya, ketidakoptimalan RAM Xiaomi Redmi 1s hanya disebabkan karena soal sistem manajemen RAM yang kurang baik. Kabarnya, sistem operasi MIUI versi selanjutnya akan hadir dengan fitur perbaikan manajemen RAM. Karena alasan itulah, maka bagi pengguna Xiaomi Redmi 1S tidak melakukan root terlebih dahulu bila tujuannya hanya untuk meningkatkan kemampuan RAM.

Sebaiknya menunggu secara resmi sistem operasi MIUI terbaru dan jangan melakukan ROOT. Bila Xiaomi Redmi 1s sudah masuk keadaan ROOT, maka sistem operasi tersebut tidak akan dizinkan untuk melakukan update ke sistem operasi terbaru.


KESIMPULAN

Demikianlah penjelasan tentang cara mengoptimalkan RAM pada Xiaomi Redmi 1s. Semoga informasi ini membantu para pengguna Xiaomi yang ingin meningkatkan kemampuan RAM. Namun, sekali lagi perlu diingat, langkah mengoptimalkan RAM ini harus melakukan rooting. Dan proses rooting ini cukup beresiko. Apalagi smartphone yang sudah di-ROOT tidak akan mendapat dukungan sistem operasi yang lebih baru. Karena itu, sebelum mencoba langkah diatas, pikirkanlah dengan matang.

 
Semoga bermanfaat untuk mendapatkan update tips dan trik terbaru juragan bisa like funpage facebook blog tips dan trik.
Tips Trik Cara Mudah Optimalkan RAM Xiaomi Redmi 1S Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin