Lima Tips Mudah Kurangi Kecanduan Smartphone

Blog tips dan trik cara mudah kali ini akan berbagi tips untuk anda pengguna smartphone alias ponsel pintar, android, ios atau windows phone. tips dan trik akan berbagi cara mudah mengurangi kecanduan pada smartphone yang saya kutip dari okezone.com.

Hadirnya smartphone ditengah masyarakat modern yang terbilang memiliki mobilitas tinggi sangat membantu kegiatan sehari-hari. Hal tersebut membuat sebagian orang tidak dapat lepas dari perangkat tersebut dan menghabiskan waktu lebih banyak dibandingkan dengan manusia.

Tentu saja hal tersebut dapat berbahaya bagi psikologis, sebab jarang bersinggungan atau berinteraksi dengan orang disekeliling. Oleh sebab itu, Okezone memberikan tips bagaimana mengurangi kecanduan smartphone yang dilansir Mashable, Sabtu (7/3/2015).

Turn off Notification

Lima Tips Mudah Kurangi Kecanduan Smartphone

Kecenderungan orang suka mengecek ponselnya untuk mengetahui apakah ada pesan atau telefon yang masuk. Adanya pesan yang masuk tersebut dapat terlihat dari notifikasi (pemberitahuan), jadi, jika Anda menonaktifkan semua notifikasi yang tidak diperlukan, kemungkinan ini akan mengurangi kecenderungan penggunaan ponsel. Bahkan dengan mengubah mode menjadi silent dapat mengurangi dorongan untuk memeriksa telefon setiap saat.

Cari Tahu Seberapa Banyak Penggunaan Ponsel

Terdapat beberapa aplikasi seperti QualityTime untuk Android dan Momen untuk iOS yang memungkinkan memantau penggunaan telefon dan memberitahu seberapa banyak Anda menghabiskan melihat layar dalam sehari.

Aplikasi ini juga memungkinkan untuk mengatur alert (tanda) untuk mengingatkan jika menggunakan ponsel terlalu banyak.

Mengatur Waktu Bebas Telefon

Anda tidak membutuhkan ponsel saat di meja makan, kamar mandi, atau saat menonton film.

Cobalah untuk mengatur periode phone-free (bebas telefon) di siang hari. Jadwalkan ketika Anda sedang sibuk melakukan sesuatu yang lain agar dapat beristirahat dengan mudah. Misalnya, mengatur ponsel di mode Airplane untuk satu jam pertama setelah pulang kerja.

Jangan Gunakan Ponsel sebagai Alarm

Jangan membawa ponsel atau smartphone ke kamar tidur. Namun banyak orang membawa ponsel ke kamar tidur untuk menggunakannya sebagai alarm. Tentu saja hal ini dapat meningkatkan kecanduan terhadap smartphone, sebab saat alarm berbunyi dan pengguna telah mematikannya, kemungkinan pengguna akan langsung memainkan ponsel.

Melatih Diri dengan ‘Istirahat Teknologi’

Jika tips sebelumnya tidak berkerja dengan baik dan Anda masih menghabiskan waktu lebih banyak dengan smartphone, maka gunakan taktik lainnya.

Dr. Larry D. Rosen, profesor psikologi di California State University menyarankan untuk melatih diri dengan istirahat teknologi. “Salah satu cara muudah ialah perlahan-lahan melatih diri istirahat teknologi,” tutur Rosen.

“Mulailah dengan melihat ponsel selama semenit dan memeriksa semua bentuk komunikasi, termasuk teks, panggilan, dan media sosial. Kemudian mematikannya, atur alarm selama 15 menit dan letakkan menghadap ke bawah,” tambah Rosen.

Jika berdering kembali, periksa lagi hanya selama semenit dan hal ini terus dilakukan hingga terasa alami.

Hmmm... bagaimana para juragan semua, mau mencoba tips diatas, tips kurangi kecanduan smartphone sama saja juragan hemat uang pulsa juragan juga. hehehe

jangan lupa kunjungi blog informasi harga hp 2015 untuk cek harga hp smartphone yang juragan cari.

sumber artikel : okezone.com

Semoga bermanfaat untuk mendapatkan update tips dan trik terbaru juragan bisa like funpage facebook blog tips dan trik.
Lima Tips Mudah Kurangi Kecanduan Smartphone Rating: 4.5 Diposkan Oleh: jun