Tips Agar Baterai Smartphone Juragan Awet

Blog tips dan trik cara mudah kali ini akan berbagi cara atau beberapa tips untuk smartphone juragan agar baterainya jgn cepat rusak, gak kebayangkan smartphone dengan bebrbagai macam aplikasi, permainan dan hiburan lainya tapi baterainya sudah rusak, hehehe jgn sampe deh, udah gitu harga baterai smartphone tidak murah ya gan. dari pada juragan mengganti baterai lebih baik juragan mencegahnya terlebih dahulu ya dengan beberapa tips berikut ini agar baterai smartphone juragan bisa awet.
Tips Agar Baterai Smartpone Juragan Awet

Smartphone sekarang rata-rata dibekali dengan layar luas, resolusi layar yang tajam, prosesor terbaru yang super cepat dan dukungan RAM besar untuk kemampuan multitasking yang tinggi. Akibatnya, kecenderungan menggunakan smartphone secara berlebihan pun semakin besar. Entah itu untuk keperluan kerja, bersosialisasi atau hiburan dengan bermain game.

Dampak penggunaan smartphone yang berlebihan ini bisa membuat kecanduan smartphone, serta umur baterai menjadi pendek. Kali ini Jaka akan berikan kamu 10 cara untuk memperpanjang umur baterai kamu.

Cara Memperpanjang Umur Baterai Smartphone

Kesel kan kalo baru juga 3 bulan, baterai smartphone kamu udah harus ganti. Nah, memperpanjang umur smartphone yang Jaka maksudkan di sini adalah umur penggunaannya. Bisa itu untuk penggunaan sehari-hari atau bisa kamu sebut sebagai cara menghemat baterai, atau juga untuk jangka panjang. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk memperpanjang umur baterai smartphone?

1. Jangan Biarkan Smartphone Overheat

Smartphone akan overheat jika digunakan terus menerus. Agar tidak overheat, coba gunakan smartphone dengan bijak. Penggunaan kamera secara terus menerus pun akan memicu overheat, maka disarankan agar selalu menutup aplikasi kamera jika tidak digunakan. Selain aktivitas penggunaan, smartphone juga bisa menjadi panas jika disimpan di tempat yang permukaannya memproduksi panas berlebih. Jadi hindari menyimpan smartphone di tempat seperti kulkas, di dalam mobil saat terkena sinar matahari, atau tempat panas lainnya.

2. Jangan Charge Baterai Semalaman

Meski banyak membekali charger smartphonenya dengan fitur untuk otomatis mematikan aliran listrik saat baterai telah penuh, tapi sangat tidak disarankan untuk mengisi ulang baterai smartphone semalaman. Hal ini akan memicu overheat pada permukaan smartphone, dan membuat baterai smartphone kamu cepat rusak. Agar umur baterai smartphone kamu lebih panjang, sebaiknya lakukan isi ulang baterai smartphone saat baterainya tinggal 30% dan cabut saat terisi sekitar 80%. Ini bertujuan untuk menjaga siklus baterai smartphone kamu.

3. Aktifkan Battery Saver

Salah satu keuntungan menggunakan sistem operasi Android Lollipop 5.0 adalah adanya fitur battery saver. Nah, agar umur baterai kamu lebih awet, jangan lupa untuk mengaktifkan battery saver di smartphone Android kamu. Tujuannya adalah agar saat baterai smartphone kamu dalam keadaan low-bat, maka sistem akan otomatis mengurangi performa CPU-nya. Jika smartphone kamu tetap dalam keadaan full performance saat smartphone kamu low-bat, hal itu akan memicu menurunnya kualitas dan umur smartphone kamu sendiri. Hayo, siapa yang tidak pernah menggunakan fitur ini?

4. Jauhi Aplikasi yang Banyak Iklan

Banyaknya pilihan aplikasi Android di Google Play Store serta toko aplikasi lainnya, membuat kamu jadi mudah menginstal aplikasi baru dan seru di smartphone kamu. Namun, ada banyak pengembang yang menyisipkan iklan pada aplikasi buatan mereka untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Nah, aplikasi yang mengandung iklan ini akan membuat baterai kamu lebih cepat terkuras. Untuk penggunaan dalam jangka panjang, aplikasi yang banyak mengandung iklan ini akan memperpendek umur baterai smartphone kamu loh. Dan juga akan membuat performa smartphone kamu menjadi turun.

5. Bijak Menggunakan Lokasi

Aplikasi sosial media seperti Facebook dan Path membuat kamu bisa berbagi lokasi dengan mudah. Bahkan kamu juga bisa menyertakan lokasi pada foto yang kamu ambil dengan smartphone. Tapi tahukah kamu, bahwa penggunaan fitur lokasi secara terus menerus ini akan memperpendek umur baterai smartphone kamu? Untuk itu, selalu matikan fitur lokasi di saat kamu tidak sedang menggunakannya agar umur baterai smartphone kamu lebih panjang.

6. Kurangi Kecerahan Layar

Sudah bukan rahasia bahwa dengan membuat layar smartphone kamu dalam tingkat kecerahan paling rendah akan membuat smartphone kamu lebih hemat baterai. Nah, agar semakin awet baterai, jangan lupa untuk mengatur time sleep-nya juga ke waktu yang sekiranya tidak terlalu lama (Jaka sarankan 1 menit).

7. Update Aplikasi Hanya via WiFi

Tahukah kamu, bahwa menggunakan jaringan WiFi itu lebih hemat baterai daripada menggunakan jaringan mobile? Hal ini karena saat kamu menggunakan jaringan WiFi, maka kamu akan terkunci pada jaringan itu saja, sehingga penggunaan CPU dan baterai pun menjadi lebih hemat. Untuk aktivitas yang berhubungan dengan aktivitas jaringan dan CPU, seperti update aplikasi dan update OS, sebaiknya kamu lakukan saat terhubung dengan WiFi. Selain bertujuan untuk hemat kuota, tentunya juga bertujuan agar umur baterai kamu lebih panjang dan awet.

8. Gunakan Airplane Mode

Jarak smartphone ke BTS operator yang kamu gunakan itu sangat berpengaruh pada daya tahan baterai kamu loh. Untuk itu, jika kamu berada di daerah yang tidak terpapar oleh jaringan mobile dari operator yang kamu gunakan, sebaiknya kamu atur smartphone kamu ke airplane mode. Tujuannya agar daya baterai kamu tidak terbuang sia-sia. Untuk mengetahui fungsi airplane mode lainnya,

9. Matikan Notifikasi

Banyaknya notifikasi tidak penting yang masuk dari aplikasi ataupun game akan memakan daya baterai kamu. Untuk itu coba matikan notifikasi yang masuk dari beberapa aplikasi tertentu yang tidak kamu anggap penting. Caranya, masuk ke menu setting lalu pilih Apps, kemudian pilih aplikasi ataupun game yang tidak ingin kamu tampilkan notifikasinya. Pada bagian "Show Notification", hilangkan centangnya.

10. Gunakan Wallpaper Statis

Dukungan live wallpaper di Android memang akan membuat tampilan Android kamu jadi keren, tapi juga akan membuat baterai smartphone kamu cepat habis. Makanya, baiknya gunakan wallpaper statis saja. Oh iya, selain live wallpaper juga sebaiknya kamu kurangi penggunaan widget berlebih.

Setelah membaca 10 cara untuk memperpanjang umur baterai kamu ini, adakah yang pernah kamu lakukan sebelumnya? Jika iya, coba lakukan semuanya, lalu share pengalaman kamu selama melakukannya. Jaka sih benar-benar merasakan manfaatnya. Baterai smartphone Jaka jadi tetap awet dan tidak pernah mengalami masalah. Selamat mencoba!

sumber: https://jalantikus.com/gadgets/cara-memperpanjang-umur-baterai-smartphone/

Semoga bermanfaat untuk mendapatkan update tips dan trik terbaru juragan bisa like funpage facebook blog tips dan trik.
Tips Agar Baterai Smartphone Juragan Awet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin