Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Rusak

Blog tips dan trik cara mudah kali ini akan berbagi Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Rusak, sebelum memulai mengetik panjang lebar, saya ingin bertanya, apakah juragan keyboardnya rusak? apa karena mau tahu aja cara memperbaiki keyboard yang rusak? kalau gitu lanjut ya gan, bagaimana cara memperbaiki keyboard yang rusak, entah yang rusak keyboard komputer, laptop dan notebook.

Keyboard atau Papan ketik komputer (bahasa Inggris: keyboard) merupakan sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol seperti huruf alfabet (A-Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 3, 4, 5, 8, 3, 3 dan lain-lain, serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Dalam komputasi, papan ketik menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik.
Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Rusak

Di jaman serba digital ini kita sudah tidak asing dengan yang namanya keyboard, keyboard sudah menjadi pena bagi pelajar, sekarang banyak banget anak2 sekolah dasar yang ditugaskan mencari tugas di internet, kalau ngomongin internet bearti kita berhubungan dengan keyboard, tapi tidak untuk pengguna smartphone ya.

Keyboard rusak sudah menjadi hal biasa bagi sebagian orang, memang harga keyboard bermacam-macam, ada yang murah banyak juga yang harganya luar biasa. tapi disini saya tidak menganjurkan langsung membeli keyboard setelah keyboard yang juragan pakai rusak, hitung2 belajar aja ya gan tapi bagi yang tidak punya waktu langsung beli aja iya, dari pada nanti tugasnya jadi numpuk gara2 memperbaiki keyboard yang rusak hahhaa.

ok langsung saja bagaimana cara memperbaiki keyboard yang rusak?

Pada dasarnya ada beberapa cara mengetahui sebab akibat kerusakan pada keyboard, antara lain tombol tidak berfungsi meskipun ditekan, tombol menekan secara terus-menerus, dan jika semua tombol tidak berfungsi ada kemungkinan rusaknya jalur yang menuju ke motherboard.

Sebelum kita lanjut ke cara memperbaiki keyboard yang rusak, saya akan menjelaskan atau kasih tahu beberapa hal yang menyebabkan keyboard rusak.

Ada beberapa faktor penyebab cepat rusaknya keyboard anda antara lain :

  • Terkena air
  • Banyaknya debu yang menempel di sela-sela keyboard
  • Akibat lembabnya ruangan

Berikut Cara Mengecek Tombol Keyboard Rusak atau Tidak

Cara Pertama

1.Buka Notepad
2.Setelah itu tekan tombol Shift kiri atau kanan.
3.Selanjutnya ketikan semua huruf dan angka yang ada pada keyboard (1 s/d 0 dan A s/d Z), tanpa melepaskan tombol SHIFT .
4.Coba dilihat kira-kira huruf apa saja yang tidak ada.

Cara Kedua Menggunakan Software
Software ini bernama PassMark KeyboardTest dengan ini anda bisa cepat memeriksa semua tombol pada keyboard komputer atau laptop apa masih berfungsi dengan baik atau tidak, periksa keyboard LED, lihat scan codes internal yang dihasilkan oleh keyboard dan mengukur kecepatan mengetik.

Penggunaan aplikasi ini untuk menguji keyboard rusak, biasanya tombol yang rusak pada saat ditekan akan menampilkan warna merah dan tombol yang masih normal ditandai dengan warna hijau, dan untuk tombol yang melengket biasanya pada saat kita menekan satu tombol maka yang lainnya juga ikut tertekan, dapat dilihat pada aplikasinya.
Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Rusak
http://www.passmark.com/products/keytest.htm

Untuk menggunakan aplikasi ini anda harus download dan install terlebih dahulu melalui link diatas. Jika sudah terinstal, buka aplikasinya kemudian pilih type keyboard yang anda gunakan lalu tekan satu persatu tombol keyboardnya, jika tombol keyboard tersebut rusak maka statusnya akan berubah menjadi merah, sedangkan jika berwarna hijau berarti tombol keyboard tersebut tidak rusak atau aman.

Cara Memperbaiki Keyboard

Kerusakan yang sering terjadi pada keyboard laptop adalah salah satu tombol keyboard ada yang tidak berfungsi atau malahan keyboard laptop / notebook yang rusak itu bergerak sendiri seperti ada yang menekannya.
Hal tersebut terjadi dikarenakan menempelnya kedua lapisan karbon pada flexyble keyboard (akibat jamur atau kotor) sehingga tombol keyboard dapat menekan sendiri atau bahkan tidak dapat digunakan sama sekali.
Ciri-ciri keyboard rusak adalah terdengar bunyi beep berulang-ulang pada saat laptop dinyalakan.

Berikut ini Cara Service Keyboard Laptop / Notebook :
  • Siapkan cutter kecil yang masih baru (tajam)
  • Tentukan tombol keyboard yang kira-kira bermasalah. Dalam kasus ini tombol tab yang rusak.
  • Ambil tombol keyboard yang rusak tersebut dengan mencongkelnya, dan ambil karet yg ada di bawahnya.
  • Dibawah karet ada 2 lapisan karbon yg berbentuk lingkaran. Robek sepertiga lingkaran dari lapisan karbon tersebut.
Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Rusak


  • Bersihkan diantara kedua lapisan karbon tersebut dengan cutter itu, dengan cara menggesek-geseknya, tapi jangan terlalu keras, sekedar hanya menghilangkan kotoran diantara kedua lapisan karbon tersebut. Kalau terlalu keras dikhawatirkan lapisan karbon ikut hilang.
  • Keyboard siap dicoba, dan jika sudah OK, anda dapat memasang kembali karet dan tombol keyboardnya.
Perawatan Keyboard
  • Beberapa faktor yang dapat membantu dalam memperpanjang usia keyboard antara lain :
  • Bersihkan keyboard dengan cairan khusus untuk komputer setiap 1 bulan sampai sampai 3 bulan sekali.
  • Kuas dan bersihkan dari debu yang menebal disela-sela tombol yang nantinya akan menutupi jalur penekanan tombol. Bersihkan debu tersebut dengan vacum cleaner dan kuas lembut.
  • Jangan meletakkan benda cair dekat dengan keyboard anda, jika terjadi tumpahan akan merusak keyboard anda.
  • Biasakan sehabis memakai PC tutup kembali cover PC agar dapat melindungi dari debu yang masuk.

Apakah artikel cara memperbaiki keyboard rusak, membantu juragan?

Semoga bermanfaat untuk mendapatkan update tips dan trik terbaru juragan bisa like funpage facebook blog tips dan trik.
Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Rusak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin