Wow 5 Bahaya Matikan Komputer Dengan Tombol Power

Blog tips dan trik cara mudah kali ini akan berbagi 5 alasan atau 5 bahaya untuk komputer maupun laptop jika juragan sering mematikannya lewat tombol power, mulai sekarang hentikan sebelum komputer juragan mengalami 5 kerusakan yang akan saya urai disini. sebelumnya juga saya sudah posting Tentang baterai laptop, wajib tahu. di postingan itu juga saya sudah menjelaskan cara shutdown dengan menutup laptop. Kalau boleh tau, dengan cara apa selama ini juragan mematikan komputer setelah selesai menggunakannya? Jika jawabannya adalah denggan cara menggunakan fitur shutdown, juragan sudah melakukan tindakan yang benar.

Tapi bagaimana jika langsung menekan tombol power secara lama hingga terjadi 'mati paksa' pada komputer? Apa yang akan terjadi? Dan kenapa komputer harus di Shutdown?

Wow 5 Bahaya Matikan Komputer Dengan Tombol Power


1. Kerusakan Pada Power Supply

Pada saat proses shutdown, processor memberikan perintah kepada bios untuk menghentikan segala pekerjaan2 komponen peralatan, sehingga arus atau daya yang terpakai diputus secara normal, tapi jika kita mematikan secara paksa (mencabut kabel power atau menekan lama tombol power), arus dan daya diputus secara tidak normal.

2. Processor Bisa Rusak, Bahkan Gosong

Pada saat proses shutdown fan komputer akan bekerja dua kali lebih cepat untuk proses pendinginan processor, kalau kita mematikan komputer secara langsung, maka pendinginan processor tidak bekerja secara normal maka lama-kelamaan processor bisa rusak.

3. RAM / Memory Bisa Rusak

Pada saat proses shutdown system memory akan dikosongkan, sehingga pada saat komputer dipakai lagi maka memory sudah benar-benar dalam keadaan refresh, kalau kita mematikan komputer secara langsung maka besar kemungkinan memory bisa rusak.

4. Registry Menjadi Berantakan

Pada saat proses shutdown komputer akan meregistrasi ulang komponen komputer yang terpakai (digunakan) dan software serta data yang dipakai atau yang dihapus. Kalau kita mematikan komputer secara langsung, maka komponen atau software serta data yang digunakan tidak dapat disimpan kedalam registry.

5. Kemungkinan Hard Disk Mengalami Bad Sector Sangatlah Tinggi

Pada saat proses shutdown, komputer akan menyimpan semua proses yang terjadi diatas ke dalam Hard Disk. Bayangkan jika sedang proses bekerja, Hard Disk tiba-tiba dimatikan. juragan bisa membayangkan sendiri apa yang akan terjadi, yaitu kerusakan pada silinder Hard Disk atau biasa disebut dengan Bad Sector.

Bagaimana artikelnya?

Semoga bermanfaat untuk mendapatkan update tips dan trik terbaru juragan bisa like funpage facebook blog tips dan trik.
Wow 5 Bahaya Matikan Komputer Dengan Tombol Power Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin