Tidak Baik Menekan F5 Pada Dekstop Komputer (CPU Usage menjadi tinggi)

STOP! kebiasaan Menekan tombol F5/REFRESH berulang-ulang bukan bikin RAM makin lega malah bikin RAM NYESAK.

Sebaiknya jangan melakukan Refresh menggunakan Tombol F5 berkali-kali, karena akan membuat CPU Usage menjadi tinggi .

Menekan tombol F5 memang sudah menjadi kebiasaan setiap pengguna OS windows, mitosnya agar komputer berjalan lebih cepat.

Postingan ini saya ambil dari forum kaskus di salah sati thread dengan judul STOP! kebiasaan Menekan tombol F5/REFRESH 

Apa Sebenarnya fungsi “Refresh” di Windows?

Apa yang kalian ketahui dari fungsi opsi “Refresh” ini?, apakah dengan meng-refresh Windows akan berjalan lancar? Apakah akan membuat windows Ente menjadi lebih cepat? Atau mungkin kalian fikir akan menghapus memori komputer ente atau me-refresh RAM? Hmm… tidak satupun benar.

Kebanyakan pengguna komputer terutama komputer dengan Operating System keluaran Windows pernah atau bahkan sering menekan tombol Tombol Klik Kanan lalu klik Refresh pada Desktop atau menggunakan tombol shortcut-nya pada keyboard yaitu tombol fungsi F5, dengan maksud agar komputer lebih cepat bekerja, sehingga hal ini menjadi kebiasaan dimanapun dan pada komputer siapapun akan melakukan hal yang sama

Perlu diketahui refresh pada desktop berbeda dengan refresh page atau reload page pada browser. Kadangkala karena lalu lintas internet yang padat, ada halaman internet yang tidak dapat dimuat secara sempurna. Fungsi refresh pada browser ini adalah untuk memuat kembali halaman yang gagal dimuat sebelumnya. Sedangkan, refresh pada desktop memiliki fungsi yang berbeda dengan tombol refresh yang terdapat di dalam browser. Kebanyakan pengguna komputer baru atau awam, seperti TS sendiri, pada awalnya meyakini bahwa tombol refresh berfungsi untuk meng-update atau memperbaharui kondisi siaga (idle) komputer setelah terjadi perubahan dan menghapus perintah sebelumnya dari RAM, sehingga komputer yang kita gunakan akan berjalan dengan lebih lancar dan lebih cepat. Namun, seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, ternyata merupakan mitos semata.

Kenapa Desktop harus di Refresh?
Mengapa ada orang yang suka me-refresh Desktop terus-menerus?
Kita mungkin sering memperhatikan ada pengguna komputer yang suka mengklik kanan mouse dan mengklik opsi “refresh” terus menerus, mungkin ini sudah menjadi kebiasaan atau hanya meniru? untuk me-refresh desktop terus-menerus. Kalian mungkin juga memperhatikan terutama dikalangan teknisi komputer atau pakar IT yang terobsesi dengan menggunakan pilihan “Refresh”.

Yang mengkhawatirkan dari mereka, mungkin karena mereka tidak tahu alasan sebenarnya mengapa mereka menekan tombol ini. Parahnya lagi, mereka yang memiliki alasan kuat mengapa mereka menekan tombol ini justru meyakini mitos yang salah tentang fungsi tombol refresh tersebut.

Tidak Baik Menekan F5 Pada Dekstop Komputer (CPU Usage menjadi tinggi)

Apa alasannya? Tidak ada dan tidak ada alasan untuk melakukannya, ini hanya kebiasaan yang konyol.

Kita mungkin perlu untuk merefresh (menyegarkan) desktop windows dalam situasi berikut:
1. Desktop tidak menampilkan file atau folder yang baru saja kita buat, pindah, hapus, simpan atau diganti namanya.
2. Kita perlu untuk menyelaraskan ikon di desktop.
3. Kita menemukan ada ikon yang tidak bisa digunakan (diklik)
4. File yang dibuat oleh aplikasi pihak ke-3 tidak muncul.
5. Dan situasi yang sama seperti di mana isi dari desktop atau folder tersebut tidak berubah bila diharapkan.
6. Ukuran Wallpaper yang melebihi ukuran Display
7. Icon Hang atau Tidak muncul di Dekstop karena Cache tidak merespon

Kadangkala bila ente melakukan perubahan pada shortcut di desktop, perubahan tersebut tidak ditampilkan secara instan.
Pada kasus ini, barulah ente perlu untuk melakukan refresh pada desktop ente untuk menampilkan perubahan yang telah dilakukan di desktop. Contohnya, ente telah mengatur shortcut di desktop agar namanya sesuai dengan urutan abjad. Saat ente menambahkan shortcut baru pada desktop, shortcut baru tersebut tidak akan langsung tersortir sesuai urutan abjad, tetapi akan berada di bagian paling bawah daftar shortcut.

Jika ente menekan tombol refresh desktop, semua shortcut akan diatur ulang kembali dan shortcut yang baru tersebut akan menempati posisinya sesuai abjadnya. Ini adalah fungsi tombol refresh desktop yang sebenarnya.
Selain itu, refresh juga punya fungsi yang sama pada Windows Explorer. Jadi, bila ente punya kebiasaan melakukan refresh pada desktop ente berkali-kali tanpa mengetahui maksud dan fungsi sebenarnya tombol ini, maka ente sebaiknya menghentikan kebiasaan tersebut. Karena ente hanya membuang waktu dan perhatian ente untuk melakukan pekerjaan yang sebenarnya sia-sia.

Kalo gak percaya buktikan sendiri sumpah ane gak ngibul kalo ane ngibut ane siap di sumpahi nikah ama nattasha nuljam

Kesimpulannya adalah, Jangan terlalu sering menekan Tombol F5/nge-REFRESH, Jika ingin melakukan Refresh cukup sesekali saja dan tidak perlu berlebihan.

Sumber STOP! kebiasaan Menekan tombol F5/REFRESH 

Semoga bermanfaat untuk mendapatkan update tips dan trik terbaru juragan bisa like funpage facebook blog tips dan trik.
Tidak Baik Menekan F5 Pada Dekstop Komputer (CPU Usage menjadi tinggi) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin