6 Trik Tips Dan Cara Mudah Hemat Daya Baterai Pada Smartphone

Blog tips dan trik kali akan berbagi tips trik dan cara hemat daya baterai pada smartphone juragan seperti yang blog tips dan trik kutip dari kompas tekno,

Daya tahan baterai merupakan salah satu hal yang cukup penting untuk diperhatikan ketika akan membeli sebuah smartphone. Dengan daya tahan baterai yang bagus tentunya akan menunjang aktivitas sehari-hari kita.

Beberapa smartphone memiliki kapasitas baterai yang besar dan kuat untuk digunakan dalam aktivitas seharian. Namun, ada saja faktor-faktor yang dapat menyedot daya pada baterai dengan cepat.

6 Trik Tips Dan Cara Mudah Hemat Daya Baterai Pada Smartphone

Berikut adalah tips-tips agar daya pada baterai smartphone dapat bertahan lebih lama:

1. Ganti koneksi 3G dengan Wi-Fi Pada Lokasi Hotspot

Koneksi jaringan merupakan salah satu hal yang dapat menguras baterai dengan cepat. Hal ini terjadi jika koneksi jaringan kurang stabil, sehingga mengakibatkan perpindahan koneksi 3G ke 2G dan sebaliknya secara terus menerus.

Tentunya ini akan memaksa smartphone untuk boros dalam menggunakan baterai. Solusi untuk ini adalah menggunakan jaringan Wi-Fi yang ada di lokasi. Contohnya, ketika sedang berada di rumah atau di kantor.

2. Matikan Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth Saat Tidak Digunakan

Terkadang, kita lupa mematikan fitur Wi-Fi, GPS, atau Bluetooth di smartphone kita ketika sudah tidak dibutuhkan.

Jika dibiarkan terus aktif ketika tidak digunakan, fitur-fitur tersebut akan menguras daya baterai. Untuk itu, ada bagusnya untuk mematikan Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth ketika tidak digunakan.

3. Atur Kecerahan Layar Smartphone Ketika Aktif

Biasanya kecerahan dari sebuah layar smartphone akan menentukan tingkat kenyamanan dalam melihat tampilan di layar. Namun tingkat kecerahan pun dapat mempengaruhi besarnya daya baterai yang digunakan.

Semakin tinggi tingkat kecerahan layar akan membuat daya baterai semakin terhisap. Untuk itu kita dapat menyesuaikan tingkat kecerahan sesuai dengan kondisi yang terjadi dan sebaiknya tidak menggunakan kecerahan otomatis karena akan menggunakan sensor cahaya yang menguras baterai.

4. Gunakan Gambar Wallpaper Statis dan Minimalisir Penggunaan Widget

Menggunakan gambar wallpaper animasi atau live wallpaper cukup menarik. Namun ini akan meningkatkan penggunaan prosesor sehingga menyebabkan daya baterai semakin terkuras.

Sama halnya ketika menggunakan widget yang membutuhkan update data dari internet akan menyebabkan daya baterai pun ikut terkuras. Untuk itu kita dapat mencoba menggunakan wallpaper menarik yang statis dan meminimalisir penggunaan widget.

5. Menghapus Aplikasi yang Menyedot Baterai

Terkadang kita tidak menyadari bahwa yang menyebabkan baterai kita cepat terkuras adalah aplikasi yang telah dipasang di smartphone. Lembaga survei AVG melaporkan bahwa aplikasi jejaring sosial dan game menjadi penyebab terpopuler untuk soal menguras daya baterai.

Untuk itu, pembaca dapat mencoba menghapus aplikasi-aplikasi yang menyedot baterai, mematikan fungsi notifikasi, serta membatasi interval auto refresh untuk aplikasi yang berjalan di belakang.

Jika bingung aplikasi mana yang meyedot baterai, bisa melihat daftar aplikasi boros baterai di artikel KompasTekno berjudul "Daftar Aplikasi Boros Baterai di Android".

6. Menggunakan Fitur Penghemat Baterai Bawaan

Fitur penghemat baterai ini telah tersedia pada beberapa jenis smartphone. Dengan fitur ini kita dapat mengatur aplikasi yang dapat  berjalan di latar belakang agar hemat dalam menggunakan daya baterai.

Salah satu contohnya adalah fitur hemat daya di smartphone Oppo tertentu yang mempunyai mode “super power saving”. Mode ini hanya akan menampilkan menu telepon, kontak, pesan, serta jam saja pada smartphone, sehingga sangat hemat daya.

untuk juragan yang ingin membeli hp android murah, kunjungi blog informasi harga android murah 

Semoga bermanfaat untuk mendapatkan update tips dan trik terbaru juragan bisa like funpage facebook blog tips dan trik.
6 Trik Tips Dan Cara Mudah Hemat Daya Baterai Pada Smartphone Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Awidya Firsiades Alin