Tips Trik Dan Cara Mudah Transfer File Android via Wireless


Blog tips dan trik kali ini berbagi trik atau cara untuk juragan semua pengguna android, Tips Trik Dan Cara Mudah Transfer File Android via Wireless, tips trik kali ini saya copy dari inilah.com.

Apa yang Anda lakukan jika ingin melakukan transfer file dari PC ke ponsel Android atau sebaliknya? Ya, cara yang biasa dilakukan banyak orang biasanya hanya dengan menggunakan kabel data dari ponsel tersebut. Bahkan yang lebih mudah, Anda hanya tinggal melakukan proses transfer file via Bluetooth.

Tapi pernahkah Anda berada di posisi yang sedang tidak memiliki keduanya? Kabel data tertinggal, atau tidak adanya Bluetooth pada PC?

Jika Anda merasa pernah berada dalam situasi tersebut, maka Anda perlu transfer file via FTP. Bagaimana caranya? Yang Anda butuhkan hanya jaringan internet yang memiliki protokol sendiri, seperti WiFi.

Sebelum lebih jauh, perlu Anda ketahui apakah FTP itu? FTP merupakan kependekan dari File Transfer Protocol.

Tips Trik Dan Cara Mudah Transfer File Android via Wireless

Secara garis besar, FTP adalah protokol yang diciptakan untuk menyamakan kode-kode komunikasi dalam sebuah jaringan yang berfungsi untuk mentransfer file. Proses transfer file via FTP menggunakan TCP (Transfer Control Protocol) atau IP (Internet Protocol).

Proses transfer file via FTP memerlukan kerjasama FTP client dan FTP server. FTP client adalah suatu aplikasi yang bisa mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server.

Sedangkan FTP server adalah yang menjalankan perintah-perintah dari FTP client. Nah, dalam proses transfer file ini, Anda bisa menggunakan perangkat apapun, asalkan memiliki IP.


Transfer File Android Menggunakan File Expert

Unduh terlebih dahulu File Expert di Google Play Store. File Expert merupakan aplikasi manager yang juga bisa membantu Anda melakukan transfer file via FTP. Selain itu, banyak fungsi lain di File Expert yang bisa memudahkan kita dalam mengatur file di Android.

Setelah menginstal aplikasi File Expert di Android Anda, maka langkah selanjutnya untuk melakukan transfer file via FTP adalah mengunduh dan menginstal software FileZilla di perangkat PC Anda (unduh FileZilla di sini).

Setelah selesai mengunduh dan menginstall FileZilla, lakukan langkah-langkah di bawah ini:


Setelah selesai mengunduh dan menginstall FileZilla, lakukan langkah-langkah di bawah ini:

Buka File Expert, klik menu=> More=> Settings.

Pada tampilan selanjutnya pilih FTP Settings=> FTP Server Settings.

Pada bagian ini, isi FTP User Name dan FTP Password sesuai yang Anda inginkan. Jika sudah, maka kembali ke menu utama dengan menekan tombol back pada perangkat Android Anda.

Langkah selanjutnya adalah mengoneksikan perangkat Android Anda dengan PC. Pada File Expert terbaru, Anda hanya tinggal memilih menu Share My Contents di menu utama.

Setelah itu, pilih Start Share via FTP. Jika tidak ada, maka pilih menu utama lalu pilih More.

Selanjutnya cari Show Toolbar dan pilih Share.

Untuk selanjutnya, beralihlah ke perangkat PC Anda. Buka FileZilla, lalu pilih File. Selanjutnya pilih Site Manager dan New Site.

Isi kolom tersebut sesuai dengan data di Android Anda. Host merupakan alamat IP Anda. Pada logon type, pilih normal lalu isi username dan password sesuai dengan yang telah Anda buat di perangkat Android tadi.

Jika langkah transfer file di atas sudah Anda lakukan, langkah selanjutnya adalah mengoneksikan keduanya.
Klik tombol di bawah menu file pada FileZilla di perangkat PC. Jika sudah terkoneksi, maka Anda akan melihat tampilan file manager Android dan PC.

Langkah terakhir, cari file yang ingin Anda transfer dari PC ke perangkat Android. Setelah menemukannya, drag saja lalu drop di direktori Android yang diinginkan.

Pada layar PC, Anda bisa melihat persentasi file yang sedang ditransfer seperti saat sedang melakukan proses transfer file via Bluetooth maupun kabel data.


Transfer File Android Menggunakan Beam NFC

Bagaimana bila memindahkan file dengan NFC? Caranya mudah, dan bahkan jauh lebih baik dan mudah dibandingkan dengan metode transfer data yang baru saja kami jelaskan.

Sebuah aplikasi FileBeam yang sangat baik dikembangkan untuk transfer file yang menggunakan teknologi NFC. Anda bisa melakukan transfer file aplikasi Android begitu efisien dan cepat, hanya menunduh dan menginstal aplikasi pada perangkat.

Caranya, cukup pilih file yang ingin dikirim dan tekan opsi Share. Data akan secara otomatis terkirim dari satu perangkat ke perangkat lainnya menggunakan Beam tersebut. Anda dapat mengirim file Zip, dokumen, gambar, aplikasi, nada dering, dan lainnya.

Sayangnya, tak semua versi Android tidak mendukung aplikasi ini. Hanya Android 4.1 Jelly Bean ke atas yang bisa menikmatinya. Jadi buat Anda yang masih menggunakan versi di bawah itu, masih belum bisa mencicipinya.

Pada prinsipnya, NFC memerlukan kompatibilitas silang dari arsitektur hardware dari dua perangkat yang akan disinkronisasikan. NFC hanya memerlukan konektivitas Bluetooth di kedua perangkat pengirim dan penerima. Tapi, Anda tidak perlu menginstal aplikasi ini pada kedua perangkat, hanya menginstal aplikasi ini pada perangkat dikirim saja.

Selamat mencoba.

sumber postingan ini gan, http://teknologi.inilah.com/read/detail/2124032/cara-mudah-transfer-file-android-via-wireless#.U92RVKPhHCB

Untuk juragan yang ingin tahu info harga android murah, bisa kunjungi blog androidku-murah.blogspot.com, sumber harga asli dari website lazada indonesia.



Semoga bermanfaat untuk mendapatkan update tips dan trik terbaru juragan bisa like funpage facebook blog tips dan trik.
Tips Trik Dan Cara Mudah Transfer File Android via Wireless Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin